Jasa pelayanan eksplorasi

Pekerjaan jasa pelayan eksplorasi ini pada awalnya mengumpulkan data-data hasil penelitian terdahulu, baik  secara regional maupun lokal daerah penelitian. Mengkaji data-data yang diperlukan baik data singkapan maupun data lainnya

Membuat laporan berdasarkan data-data yang telah tersedia, memberikan saran dan rekomendasi untuk kegiatan lapangan lanjutan yang nantinya untuk dapat mengetahui potensi bahan galian tersebut sampai dengan kategori  cadangan terukur ( measured ) berdasarkan pada beberapa standart antara lain Standar Nasional Indonesia (SNI), USGS dan JORC.

1.  Survey Tinjau / Pemetaan.

Kegiatan lapangan meliputi penentuan posisi, pengukuran kedudukan (jurus/kemiringan) batuan dan batubara,  membuat gambar profil singkapan, melakukan pemasangan peta/ribbon pada setiap titik observasi yang digunakan sebagai kode, membuat kolom statigrafi, penampang geologi dan penghitungan sumberdaya sehingga dapat Mengidentifikasi daerah-daerah yang berpotensial bagi keterdapatan bahan galian tersebut.

2.  Perencanaan Eksplorasi.

Membuat perencanaan eksplorasi dengan sebelumnya mengumpulkan data2 geologi yang diperlukan untuk perencanaan eksplorasi diantaranya : peta topografi, peta singkapan dan struktur geologi, data deskripsi singkapan batuan.
 
3.  Pemboran dan Pengawasan.

Melakukan pekerjaan pemboran dengan kualitas Rig serta alat pendukung lainnya yang berkinerja tinggi dan secara operasional direncanakan dan diawasi oleh supervisor yang andal dan kompeten.

4.  Perekaman Geophysical Logging.  

Melakukan pengukuran dan perekaman geophysical logging (Gamma Ray, Resistivity, Density & Calyper) untuk setiap titik bor yang telah selesai dilakukan pengeboran .
Melakukan evaluasi data-data hasil pengukuran geophysical logging serta menentukan interval kedalaman semua batuan yang terekam pada pengukuran geophysical logging.

5.  Penyediaan Tenaga Well Site Geologist.

Melakukan perencanaan penentuan lokasi titik bor menggunakan GPS untuk daerah titik bor eksplorasi, geoteknik, dan hydrogeologi serta merencanakan jumlah total kedalaman lubang bor untuk openhole maupun coring serta mengawasi dan mengambil data2 hasil pemboran untuk semua titik bor meliputi pemboran eksplorasi, geoteknik dan hidrogeologi serta melakukan konsolidasi dengan data-data geophysical logging

6.  Pengukuran ( X ;Y ;Z ) titik-titik bor dan survey topografi.

Menentukan lokasi dan pemasangan Bench Mark (BM) berdasarkan koordinat yang diberikan menggunakan GPS Geodetic dan Total Station dan dibantu T0 untuk melakukan pemetaan topografinya.

7.  Penyelidikan / Studi Geoteknik  &  Hidrologi.

Melakukan survey tinjau untuk penentuan titik bor geoteknik dan geohidrologi.
Mengumpulkan informasi dan mempelajari kebutuhan materi yang berkaitan dengan pelaksanaan  serta mengkaji data referensi terkait.
Melakukan pengambilan contoh untuk keperluan pengujian laboratorium mekanika tanah dan batuan, serta melakukan pengambilan contoh air guna pengujian analisa air dan keasamanan dan melakukan pengujian akifer dan pumping test, serta melakukan konstruksi untuk piezometer.
Melakukan Analisis Stabilitas Lereng dan Analisis Terhadap Kondisi geohidrologi.
Membuat laporan Akhir Kajian Geoteknik dan Hidrologi (Geo dan Permukaan) di daerah penyelidikan yang memenuhi syarat bagi  pembuatan Perencanaan Tambang.

8.  Pengambilan dan Analisa Contoh batuan.

Mengambil dan memberi kode contoh -contoh batubara/batuan dari wellsite geologist untuk dikirim ke laboratrium dan selanjutnya melakukan evaluasi dari hasil uji laboratrium tersebut.

9.  Model Geologi / Kajian Lengkap  Geologi.

Mengumpulkan semua data-data dari kegiatan eksplorasi  dan selanjutnya dilakukan kajian lengkap secara geologi antara lain : membuat korelasi litostratigrafi, membuat Model Geologi, membuat peta " Cross section " , membuat peta kontur struktur  dan membuat peta isokualitas dan isopach.

10.  Desain Tambang (Mine Design).

Membuat desain tambang terbuka dengan menentukan area disposal, settling pond, dan rencana reklamasi , membuat jalan tambang,  membuat situasi tambang ( mining Lay Out ) , melakukan perhitungan cadangan serta  membuat scheduling

1